Penerimaan Mahasiswa Baru

Daya Tampung

Berdasarkan daya tampung dan sumberdaya yang tersedia, PS Ilmu Tanah akan menerima mahasiswa baru sebanyak 40 dari lulusan SLTA dan yang sederajat. Sehingga pada tahun ke empat Rasio Dosen dan Mahasiswa sebesar 1:12 (masih sangat layak untuk menjamin keberhasilan studi mahasiswa).

JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Pendaftaran Mahasiswa Baru :

Pendaftaran Mahasiswa Baru dilakukan dengan cara :

  • Jalur Undangan, melalui SNMPTN (Seleksi Nasioanl Masuk Perguruan Tinggi Negeri) , yang dilakukan secara nasional dan online yang didasarkan pada prestasi akademik  siswa yang dilihat dari nilai raport, UN, portofolio dan lainnya
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur  untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang juga dilakukan secara nasional. SBMPTN merupakan cara seleksi  untuk menjaring calon mahasiswa baru yang dprediksi dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.
  • Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan atas kerjasama antara Universitas Jember dengan Peguruan Tingg Swasta se-Besuki Raya, yaitu Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo  yang dilakukan melalui ujian tertulis yang dilakukan secara bersamaan.
  • Pendaftaran Online UM Universitas Jember, yang merupakan cara penjaringan mahasiswa baru yang dilakukan oleh panitia lokal Peguruan Tinggi Penyelenggara, yang disebut UM UNEJ atau Ujian Masuk Universitas Jember.
  • Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi, yang dilakukan ngan cara pencarian mahasiswa dari keluarga kurang mampu namun memiliki potensi akademik yang baik. Calon mahasiswa yang demikian memiliki kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui jalur bidikmisi.