Sejarah

Sejarah Program Studi Ilmu Tanah

Sejak tahun 1976 telah dirintis pendirian Jurusan Tanah di Fakultas Pertanian Universitas Jember. Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Uniersitas Jember disahkan secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan tanahhhKebudayaan RI No. 056/O/1983 tanggal 8 Desember 1983. Berdasar Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud No. 44/DIKTI/Kep/1984, Jurusan Tanah terdiri dari satu Program Studi Ilmu Tanah.

Berdasarkan SK Dirjen DIKTI No.163 Th 2007 tentang Penatanaan dan Kodifikasi Program Studi di Perguruan Tinggi, maka dilakukan penggabungan PS-PS (termasuk PS Ilmu Tanah) di Fakultas Pertanian menjadi PS Agroteknologi dan Agribisnis. Sehingga untuk sementara PS Ilmu Tanah seakan mati suri. Namun sumber daya Ilmu Tanah (Jurusan, Laboratorium, Dosen dan Tenaga Kependidikan serta Sistem Tata Kelola) masih dipertahankan di Fakultas Pertanian Universitas Jember untuk terlibat secara langsung dalam proses pendidikan PS Agroteknologi.

Pimpinan Universitas Jember pada tahun 2015 mengajukan pengaktifan PSIlmu Tanah bersamaan dengan pengajuan Program Studi Baru secara online. Dan alhamdulillah surat usulan No. 76/UN25/KL/2016 Tgl. 27 Februari 2016 mendapatkan persetujuan dari Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, maka berarti PS Ilmu Tanahdisetujui untuk dibuka kembali.